Tentang Jojo

Jojo (jogja for jokowi) adalah gerakan kerelawanan politik yang dideklarasikan oleh kalangan seniman, tokoh lintas agama, budayawan, pegiat sosial, alumni dan mahasiswa dari berbagai universitas di yogyakarta, pada tanggal 16 september 2018, untuk mendukung Bapak Jokowi melanjutkan kepemimpinannya sebagai presiden republik indonesia hingga tahun 2024.

Dukungan politik secara penuh diberikan, melihat capaian program prioritas Nawacita yang dengan jelas telah menunjukkan jalan perubahan untuk bangsa Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Dan, arah perubahan ini perlu dimantapkan lagi, supaya menjadi lebih kokoh.

jojo (jogja for jokowi) adalah gerakan kerelawanan yang terlahir dari semangat untuk menawarkan kerangka partisipasi politik yang ideal bagi kedaulatan masyarakat, memberikan pendidikan politik yang bermartabat, sambil mendobrak kebekuan politik yang selama ini ada.

jojo (jogja for jokowi) adalah gerakan kerelawanan yang diarahkan untuk mengobati kerinduan masyarakat akan sarana artikulasi dan partisipasi politik yang menyenangkan, non transaksional.

relawan jojo adalah orang yang bekerja sukarela, nirlaba, tanpa upah dan tanpa karir, berdasarkan kesadaran individu yang lahir dari sikap sadar, merdeka, bebas dari paksaan pihak lain, berkontribusi untuk membangkitkan semangat demokrasi yang berproses dan bergerak dari bawah ke atas. Dan, bekerja dengan mengutamakan prinsip-prinsip: Profesional, Integritas, Sinergi, Akuntabel.

relawan jojo bersifat terbuka, dimana setiap individu dengan latar belakang sosial yang berbeda-beda, membangun ikatan solidaritas kuat untuk partisipasi demokrasi yang dapat memberi manfaat lain yakni kepuasaan atas kontribusi yang diberikan, relasi jaringan sosial yang bertambah,dan pengembangan kapasitas diri.

Struktur Relawan jojo

Struktur relawan jojo terdiri dari Ketua dan Sekretaris Jenderal yang dibantu oleh 4 bidang yakni bidang administrasi, bidang Operasional relawan, bidang dana dan usaha, bidang database dan relawan pendukung.

didasarkan dari kebutuhan yang ada sekarang, dan dirancang untuk dapat dengan cepat dikembangkan secara dinamis mengikuti situasi dan kondisi yang ada. Struktur relawan saat ini adalah sebagai berikut:

Program Kerja Jojo

1. Produksi informasi dan edukasi

Relawan jojo mengembangkan ratusan penulis muda untuk memproduksi beragam informasi yang berkaitan dengan pentingnya partisipasi politik dalam pemilu presiden, penyangkalan berita hoax, peliputan kegiatan relawan jojo dan relawan lainnya, dll. Pola produksi informasi ini mengacu pada pengelolaan media online dengan relawan sebagai saka guru pendukung dan penyebar media online ini.

2. Pembangunan jaringan pemilih relawan aktif jojo

Relawan Jojo membangun jaringan pemilih secara mandiri,  ala jojo.  Dimulai dari 100 orang tim inti relawan, menyebar ke relawan lainnya secara langsung, terorganisir dan terstruktur.

3. Penggalangan dana relawan

Relawan jojo menggerakkan relawan yang bertugas menggalang dana. Penggalangan ini dimaksudkan untuk membiayai biaya operasional relawan jojo.

4. Pembangunan jaringan relawan pendukung jojo

Relawan Jojo membangun jaringan relawan pendukung, yakni relawan yang tidak bisa aktif mengembangkan calon pemilih secara langsung, dikarenakan kesibukan kerja sehari-hari, tetapi dalam waktu tertentu mendukung dalam berbagai aktivitas relawan jojo